Potensi Desa

POTENSI DURIAN DAN BATIK PELUANG BAGI SUMBERJAMBE JADI DESA WISATA
Ditulis oleh Pemerintah Desa
Kamis, 03 Juni 2010

Durian dan batik dari Kecamatan Sumberjambe sebagai produk unggulan dari Kabupaten Jember ternyata banyak diminati oleh pembeli dari luar kota, bahkan batik dan durian Sumberjambe ini sekarang sudah banyak ditemui di kota besar seperti Surabaya dan Jakarta. Hal ini tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah Kecamatan yang terus menjajaki pangsa pasar baru bagi produk unggulannya tersebut, bahkan di Surabaya saja saat ini tidak sedikit para pedagang di pasar besar seperti Pasar Turi banyak pedagang yang menggelar dagangannya berupa durian dan batik dari Kecamatan Sumberjambe. Kelezatan durian dan keindahan corak batik Sumberjambe yang tidak kalah dengan daerah lain, ternyata mampu menjadi daya tarik sendiri bagi calon pembeli untuk membeli produk unggulan daerah  Kabupaten Jember tersebut.

Bahkan Camat Sumberjambe Drs.Abdul Kadir,MSi terus memantau keberadaan durian dari wilayahnya, hal ini sengaja dilakukan oleh Abdul Kadir untuk menjaga citarasa kelezatan Sumberjambe. Tidak sedikit para pedagang durian yang berada di dekat kantornya menjual durian dari kabupaten lain seperti Bondowoso, padahal dari segi rasa durian Sumberjambe sangat berbeda dengan durian lainnya. Masuknya durian dari daerah lain yang diklaim oleh para pedagang sebagai durian Sumberjambe justru sangat merugikan, kebesaran nama Sumberjambe yang saat ini sudah banyak dikenal publik dengan hasil duriannya akan pudar dengan masuknya durian dari luar Kecamatan Sumberjambe sehingga petani durian yang akan menanggung akibatnya.

“Silahkan para pedagang buah untuk menjual durian dari daerah lain tapi jangan durian tersebut diakui dari Sumberjambe, bilang saja kepada setiap pembeli kalau itu bukan durian Sumberjambe biar petani durian tidak dirugikan. Masyarakat yang sudah terbiasa mengkomsumsi durian Sumberjambe akan paham betul dengan ciri yang dimiliki, meksi ada durian dari luar daerah, mereka yang terbiasa dengan durian Sumberjambe tidak mungkin beli durian lain. Durian sepertinya sudah identik dengan Sumberjambe dan itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi para petani buah, upaya peningkatan produksi dan kwalitas dari durian terus dilakukan dengan dinas terkait yakni dinas pertanian  hal ini sengaja dilakukan untuk menaikan pamor durian Sumberjambe,”jelas Abdul Kadir.

Sementara itu Abdul Kadir juga memberi perhatian lebih terhadap batik Sumberjambe, bahkan beberapa waktu lalu dirinya sengaja mendatangkan ahli batik dari Yogyakarta dan Bali untuk membina pengrajin batik. Apa yang dilakukan oleh Camat Sumberjambe ini ternyata cukup efektif untuk meningkatkan kwalitas batik di wilayahnya, awalnya batik Sumberjambe hanya bermotif daun saja namun dengan didatangkannya ahli batik motif batik Sumberjambe semakin beragam. Bahkan para pengrajin kini dengan kemajuan teknologi bisa membuat motif batik dengan menggunakan komputer, ini sangat berbeda dengan sebelumnya yang mana para pengrajin batik membuat motif secara manual diatas secarik kertas dengan menggunakan pensil  sebelum dituangkan menjadi motif batik.

Dalam waktu dekat kabarnya Abdul Kadir juga punya keinginan menjajaki  kemungkinan kecamatan tersebut dijadikan sebagai desa wisata, menurutnya Sumberjambe layak untuk dijadikan desa wisata dengan potensi durian dan batik. Bahkan rencananya di Kecamatan Sumberjambe akan dibangun galeri durian dan  batik dengan dilengkapi gapura neon box  sebagai upaya persiapan mewujudkan desa wisata, sehingga  aktifitas galeri durian dan batik tersebut bisa melayani para pembeli dari pagi hingga malam hari. Menanggapi hal tersebut Kabag Humas Pemkab Jember Drs. Agus Slameto, MSi sangat mendukung rencana dijadikannya Kecamatan Sumberjambe sebagai desa wisata, sehingga kedepan di Kabupaten Jember akan  banyak bermunculan desa wisata dengan potensi lokal yang ditawarkan.

Responses

  1. bagus


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: