Durian_Montong

Jember memang bukan satu-satunya kota yang sedang panen Durian. Di kota lain saya yakin Durian atau Duren sedang musim-musimnya berbuah. Nah untuk anda yang memang gemar dengan buah yang satu ini sudah pernahkah mencoba ataupun mendengar Durian Sumberjambe..??

Bagi saya yang orang awam rasanya tidak begitu perduli dengan asal usul buah berbiji besar dengan wangi istimewa ini. Yang penting saat saya menikmatinya rasa khas durian yang tidak bisa diungkapan dengan kata-kata itu lumer di lidah dan mulut saya :) Anda mungkin lebih tau aneka jenis buah dengan nama latin Durio zibethinus ini, misalnya saja Durian Mentega, Durian Petruk ataupun Durian Mon Thong yang sudah lebih dulu terkenal di masyarakat. Tapi bagaimana dengan Durian Sumberjambe…??

Sumberjambe adalah nama kecamatan di Kabupaten Jember. Selama ini setau saya tidak ada yang begitu menarik dari kecamatan bermatapencaharian petani ini. Tapi itu dulu… sekarang nama Sumberjambe banyak diperbincangkan orang bukan hanya karena batiknya yang dilirik para kolektor batik (maaf batik Sumberjambe belum saya posting) tapi juga mulai terkenal karena buah durianya.

Tadi malam saya baru saya datang ke bursa durian. Acara yang kabarnya digagas oleh para petani durian Sumberjambe ini mendapat respon yang sukup bagus oleh masyarakat Jember. Meski masih terlihat sederhana dan apa adanya tapi saya senang dan cukup bangga loh. Bagaimana tidak rasa-rasanya baru kali ini ada acara spesial bursa duren pas musim duren hehe…

Yang berbeda beli duren di tempat lain dibandingkan kalau anda beli di bursa duren adalah duren-duren itu sudah dibagi sesuai dengan harga masing-masing. Mulai yang maling murah Rp.8000 sampai yang paling mahal sekitar Rp30.000 jadi nggak usah pake acara tawar menawar segala. Selain itu disini anda juga dijamin dapet garansi kalau-kalau duren yang anda beli busuk atau mentah. Nggak usah takut salah pilah pilih ya.. karena anda akan dibantu dengan mbak dan mas yang jaga untuk mendapatkan durian terbaik, yang rasanya wueenak pool ..!! Ya yang enak pool alias rasa duren nggakmungkin donk beli duren rasa mangga hahaha.. Disini disediakan tempat duduk kursi plastik dan tikar untuk anda yang ingin langsung makan duren ditempat. Nggak perlu khawatir air cuci tangan dan lap, karena sudah disediakan juga kok :)

Oh iya.. tadi malam saya sempat ngobrol sebentar dengan para petani durian yang kebetulan datang. Dan dari situ juga saya baru tau kalau ternyata bursa duren ini sudah rutin diselenggarakan tiap tahun oleh mereka. Untuk tahun ini Bursa Duren digelar mulai 16 Januari sampai 28 Februari di lantai satu Hardys Jember Jl.Sultan Agung.

Yang tersisa dari lawatan saya ke bursa duren tadi malam adalah andai saja event ini digelar lebih meriah dan menarik bukan tidak mungkin bursa duren Sumberjambe bisa jadi potensi wisata di Jember. Hmm… masih ingat acara serupa yang diperlombakan..? Seingat saya di Jember pernah ada acara lomba duren paling berat tolong dibantu infonya ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: